Rabu, 05 Januari 2011

TIPS PENGOBATAN HATI DAN PERASAAN


Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh cinta kepada lawan jenisnya atau kepada seseorang lainnya, hadirnya rasa cinta dihati datang dari berbagai macam sebab, baik dari yang prosesnya singkat sampai yang prosesnya panjang, kekuatan rasa cinta susah untuk dikendalikan,  kebahagian yang dirasakan oleh setiap orangpun berbeda beda, banyak yang berpendapat cinta pertama adalah rasa yang tersulit untuk dilupakan ataupun dihilangkan dari hati. sebaliknya, perasaan sakit hati berupa kebencian akibat kegagalan membina hubungan cinta juga tidak kalah sulit untuk dihilangkan dari hati, lebih sakit lagi kalau masalah sakit hati ataupun patah hati karena cinta yang tak kesampaian.Rasa sakit hati ataupun patah hati akibat cinta jika tidak dapat dikendalikan atau dihilangkan secara bijaksana akan dapat menimbulkan efek negatif bagi yang bersangkutan. Berdasarkan hal tersebut Penulis bermaksud membagi sedikit TIPS dan PRINSIP obat hati dan perasaan sebagaimana judul topik ini berdasarkan pengetahuan dan sumber bacaan serta pengalaman penulis, yang mungkin dapat bermanfaat bagi siapapun pembaca yang sedang menderita sakit hati ataupun sebutan yang sejenis lainnya yang disebabkan oleh cinta ataupun oleh sebab lainnya. inilah antaranya :
  1. Prinsip utama, masalah jangan disimpan didalam pikiran ataupun hati kita ataupun didalam bentuk catatan apapun.
  2. Prinsip kedua, masalah harus di keluarkan dari pikiran atau dari hati secara spontan atau secara bertahap sendirian, secara bertahap berbagi dengan orang lain.
  3. Secara spontan maksudnya yang bersangkutan secara langsung melakukan suatu perbuatan tertentu, agar beban perasaan dihatinya keluar dan terasa berkurang serta pikiran menjadi lebih tenang, misalnya  berdiri di tepi pantai menghadap ke laut lalu berteriak sekuat kuatnya mengucapkan segala hal yang terpendam dihati dan di pikirannya.
  4. Secara bertahap sendirian maksudnya cara mengeluarkan beban hati dan pikiran ditumpahkan melalui tulisan, bawalah selalu media menulis baik yang berupa kertas atau buku khusus untuk coretan, setiap merasa timbul beban pikiran suatu masalah segera tulis pada saat itu juga, tulislah semau tangan, kata katanya bebas, tidak perlu tersusun rapi dan sesuai pikiranmu saat itu, setelah selesai jangan dibaca ulang tapi segera dimusnahkan, terserah cara memusnahkannya, akan terasa beban berkurang saat catatan itu dilenyapkan (jangan di arsipkan lagi). begitu seterusnya sampai beban anda terasa telah hilang.hilangnya bisa memakan waktu berhari - hari bahkan berminggu minggu tergantung sering tidaknya menulis.
  5. Secara bertahap berbagi dengan orang lain maksudnya secara meminta orang lain mendengarkan saja masalah kita atau pendengar dimaksud dapat juga diminta nasehatnya untuk menyelesaikan masalah kita, istilah kerennya "curhat" alias pencurahan isi hati. 
  6. Tetap berpegang teguh pada keimanan dan isi ajaran agama yang kita anut.
  7. Jika kurang yakin untuk mempraktekkan tips ini, maka jangan lakukan... hubungilah pihak yang berwenang dan ahlinya yakni: Psikiater.
Ini hanya sekelumit pengetahuan  dan pengalaman, masih  banyak pilihan sumber pengetahuaan lain yang dapat juga dipelajari... selamat mencoba.!!

penulis,
Fauzan Daromi,SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar