Senin, 24 Januari 2011

MATERI UJIAN TERTULIS MENCARI PEKERJAAN


Jika anda yang baru pertama kali akan melamar suatu pekerjaan dan mengikuti suatu ujian bakal pekerjaan, atau anda yang sering melamar pekerjaan dan mengikuti suatu ujian bakal pekerjaan namun sering mengalami keputusan dinyatakan gagal, tidak ada salahnya kita mengevaluasi diri mengapa kita gagal,  sering kegagalan itu disebabkan ketidaktahuan atau ketidaksiapan kita pada  materi ujian yang tidak kita kuasai atau pada sesuatu hal lain  yang di inginkan oleh instansi atau lembaga yang kita lamar dimaksud. penulis ingin menyampaikan materi ujian yang biasanya dan mungkin akan ada pada saat melamar pekerjaan, diantaranya: 
  1. Pengetahuan dasar umum, pengetahuan dasar biasanya mengenai kemampuan berhitung atau matematika, untuk mengukur sejauh mana ilmu pendidikan matematika anda yang didapat dari sekolah anda akan dapat anda terapkan pada pekerjaan anda kelak,bahkan   bidang studi selain matematika sering juga di ujikan, seperti bahasa inggris dan lain lain.pengetahuan dasar lain yakni seputar berita, untuk menguji wawasan anda mengenai segala sesuatu  yang terjadi di sekitar wilayah anda ataupun dalam lingkungan wilayah negara anda ataupun wilayah internasional.
  2. Pengetahuan dasar khusus, pengetahuan dasar khusus biasanya mengenai lembaga atau instansi tempat anda melamar pekerjaan, pelajarilah bidang pekerjaan umumnya, organisasinya dan sebagainya. pengetahuan dasar khusus lainnya adalah keahlian kerja pada jabatan yang anda  lamar.biasanya kelak anda akan di uji kemampuan prakteknya atau pendalamannya pada saat wawancara.
  3. Tes kemampuan intelegensia, anda akan diuji mengenai kemampuan meneliti ataupun menganalisa huruf,angka,gambar, atau pertanyaan tertentu untuk mengukur golongan Skor IQ anda.
  4. Tes kepribadian, anda akan diberikan pertanyaan mengenai berbagai prilaku, baik itu prilaku anda, terhadap teman kerja, terhadap pimpinan, terhadap bawahan dan lain lain.
Sebagai pendukung tambahan adalah mengenai ketahanan fisik dan mental anda, ujian tertulispun memerlukan energi, anda mungkin akan diberikan soal-soal yang jumlahnya ratusan yang penyelesaiannya memakan waktu berjam-jam, bahkan mungkin ujian terbagi dalam beberapa tahapan waktu. jika tidak kuat fisik dan mental maka anda tidak akan dapat menjawab semua soal-soal ujian dengan baik dan benar hingga selesai, andapun harus memikirkan apa yang harus dilakukan terhadap soal - soal yang tidak bisa anda jawab, harus dikosongkankan saja atau tetap diisi dengan jawaban sesuai prakiraan anda.
kegagalan melamar pekerjaan tidak selalu karena kita kurang dalam satu atau beberapa hal pada materi ujian tertulis, bisa jadi karena  orang yang dikehendaki instansi pencari kerja atau kriteria khusus yang ditentukan instansi pencari kerja tidak cocok untuk anda,misalkan yang diutamakannya prilaku, besaran gaji, ketrampilan khusus lain, pengalaman kerja dan lain lain. semoga tulisan ini bermanfaat.

Penulis,
FAUZAN DAROMI,SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar