Rabu, 31 Oktober 2012

PERAN TIM SUKSES DALAM KAMPANYE




Ini adalah gambar salah satu calon gubernur Jakarta pada saat sedang kampanye beberapa waktu lalu. keberhasilan pasangan calon kepala daerah memenangkan pemilihan kepala daerah tidak terlepas dari peran tim sukses atau tim pemenangan dalam menggalang massa. tim sukses terbentuk dari suatu organisasi massa atau suatu Lembaga swadaya masyarakat, di bentuk selama masa proses pemilihan saja atau secara permanen khusus untuk pemenangan pemilihan, tim sukses dapat juga dibentuk berdasarkan hubungan kekeluargaan, biasanya mempunyai jaringan atau tingkatan dari tingkat pusat sampai tingkat terendah di RT/RW. adapun peran tim sukses antaranya adalah :

  1. Sebagai ujung tombak penyerap aspirasi masyarakat, karena tim sukses berasal dari masyarakat, jadi dari mereka-merekalah para calon kepala daerah mengetahui apa kebutuhan masyarakat dalam merencanakan program pembangunan daerah dimaksud..
  2. Sebagai pemberi ide kegiatan kampanye. jauh - jauh hari biasanya tim sukses telah membuat proposal rencana kegiatan kampanye, tiap -tiap wilayah kegiatannya berbeda sesuai kebutuhan dan selera tim sukses agar mampu menarik massa agar mau berkumpul.
  3. Sebagai pelaksana atau penyelenggara kegiatan kampanye. apabila proposal tim sukses yang diajukan ke calon kepala daerah mendapat persetujuan hingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan wujud pemberian sejumlah dana kegiatan, maka kewajiban tim sukses yang bersangkutanlah yang harus menyelenggarakan kegiatan kampanye disuatu daerah dimaksud.
  4. Sebagai penghubung agar calon kepala daerah dapat masuk ke dalam kegiatan masyarakat. tidak selalu tim sukses mengadakan kegiatan murni seratus persen dari mereka, ada yang memanfaatkan kegiatan masyarakat seperti pengajian majelis taklim ataupun pernikahan yang kemudian disalah satu bagian acaranya mereka hadirkan calon kepala daerah untuk sekedar memperkenalkan diri dengan istilah silaturahmi dan sebagainya.
  5. Sebagai penyalur dalam hal pemberian bantuan. tim sukseslah yang mengetahui siapa -siapa di lingkungannya ada orang atau kelompok orang yang memerlukan bantuan dari orang lain untuk suatu kepentingan, misal orang sakit, orang miskin, bantuan usaha dan sebagainya. pemberian bantuan ini biasanya dilakukan bersamaankegiatan kampanye di daerah dimaksud.
  6. Sebagai konsultan politik calon kepala daerah. dari tim sukseslah calon kepala daerah mengetahui situasi, kondisi, keadaan ekonomi dan budaya suatu daerah. dan ini merupakan bahan kampanye bagi calon kepala daerah.
  7. Sebagai pengumpul massa. dari tim sukses yang mengajak kerabat, kawan, tetangga dan sebagainya maka kampanye menjadi ramai di penuhi masyarakat. 
Demikian pendapat penulis, semoga tulisan yang sekelumit ini dapat menjadi ilmu pengetahuan umum dan bermanfaat bagi pembaca.

Penulis,
Fauzan Daromi,SH 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar